Rabu, 27 Juli 2011

Pengenalan HTML

HTML merupakan dasar dalam pembuatan sebuah Web. Dalam setiap file HTML akan selalu didahului dengan tag <HTML>. Tag ini akan membuat web browser mencoba untuk membaca file yang ada didalam tag tersebut untuk ditampilkan dalam web browser. Pada akhir baris jangan lupa Anda harus selalu mengakhiri tag <HTML> dengan </HTML>. Sehingga akan kelihatan bahwa pada setiap tag HTML akan selalu :

<html>
</html>
Penulisan Tag HTML adalah incasesensitive.
Artinya, <HTML> akan sama dengan <html> atau <Html>.
Untuk selanjutnya akan dibagi menjadi 2 seksi: head dan body.
HEAD
Header akan berfungsi sebagai tanda pengenal pada halaman yang akan Anda buat. Untuk mendefinisikan header dalam tag HTML maka anda harus menambahkan <HEAD>  dan </HEAD> tag di bawah tag <HTML> dan akan menjadi seperti berikut :
<html>
 <head>
 </head>
</head>
 

BODY

Pada bagian body merupakan bagian dimana Anda dapat menuliskan berbagai text yang ingin Anda tampilkan pada halaman web. Untuk mendefinisikan body harus diketikan tag <BODY> dan ditutup dengan tag </BODY> dibawah tag header, sehingga akan terlihat :
<html>
<head>
<body>
</body>
</head>
</html>

Untuk menamai atau memberikan judul pada halaman web yang akan Anda buat maka digunakan tag <TITLE> dan </TITLE>. Judul ini akan terlihat pada sudut kiri atas pada halaman web. Tag <TITLE> akan berada di dalam tag <HEAD>. Kini saatnya Anda membuat halaman web Anda yang pertama. Bukalah Notepad dari Start Menu dan ketik kode html di bawah ini, kemudian simpanlah di C:\My Documents\hello.htm (atau dimana saja asalkan anda bisa mengingat lokasi penyimpanannya dan bisa dibuka melalui windows explorer). Ingat! Nama filenya adalah hello.htm, bukanlah hello.htm.txt atau hello.txt.
<html>
<head>
<title>Selamat Datang di web tutorial saya
</title>
<body>
Belajar HTML menjadi sangat mudah dan menyenangkan
</body>
</head>
</html>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar