Senin, 07 Mei 2012

Protocol IP Multicast


Nama Anggota Kelompok :
Giyanti Eka Pratiwi
Pangestu Kurniawan
Selly Anggraini
Tio Adistyawan
Protokol IP Multicast
Nama Pembimbing : Pak Dodi Permana
                                  Bu Candra

No exp                    :

Mata Pelajaran        : Instalasi LAN

Hari/Tanggal           :
Senin/7 Mei 2012

Kelas    : XI TKJ A


#Protocol IP Multicast :

·         IGMP
Internet Group Management Protocol (disingkat menjadi IGMP) adalah salah satu protokol jaringan dalam kumpulan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang bekerja pada lapisan jaringan yang digunakan untuk menginformasikan router-router IP tentang keberadaan group-group jaringan multicast. Sekali sebuah router mengetahui bahwa terdapat beberapa host dalam jaringan yang terhubung secara lokal yang tergabung ke dalam group multicast tertentu, router akan menyebarkan informasi ini dengan menggunakan protokol IGMP kepada router lainnya dalam sebuah internetwork sehingga pesan-pesan multicast dapat diteruskan kepada router yang sesuai. IGMP kemudian digunakan untuk memelihara keanggotaan group multicast di dalam subnet lokal untuk sebuah alamat IP multicast.

·         Protocol-Independent Multicast (PIM)
           Protokol-Independen Multicast (PIM) adalah keluarga protokol routing multicast untuk Internet Protocol (IP) jaringan yang menyediakan distribusi satu-ke-banyak dan one-to-many data melalui LAN, WAN atau Internet. Hal ini disebut protokol-independen karena PIM tidak termasuk topologi sendiri mekanisme penemuan, melainkan menggunakan informasi routing yang disediakan oleh protokol routing tradisional lainnya seperti Protokol Routing Informasi, Open Shortest Path First, Protokol Border Gateway Protocol dan Sumber Penemuan Multicast.
   
·                               -           The Distance Vector Multicast Routing Protocol (DVMRP)
Yang didefinisikan dalam RFC 1075, digunakan untuk berbagi informasi antara router untuk memfasilitasi pengangkutan paket IP Multicast di antara jaringan. Ini membentuk dasar dari Multicast Internet Backbone (MBONE).

·         Multicast Open Shortest Path First (MOSPF)
Perluasan ke Open Shortest Path First (OSPF) Pertama untuk mendukung routing multicast, yang memungkinkan router untuk berbagi informasi tentang keanggotaan kelompok.

·         Multiprotocol Extensions for BGP (MBGP)
Merupakan perluasan pada Border Gateway Protocol yang memungkinkan berbagai jenis alamat (dikenal sebagai keluarga alamat) untuk didistribusikan secara paralel. Sedangkan standar BGP hanya mendukung alamat IPv4 unicast, Multiprotocol BGP mendukung alamat IPv4 dan IPv6 dan mendukung varian unicast dan multicast masing-masing. Multiprotocol BGP memungkinkan informasi tentang topologi dari IP Multicast router berkemampuan untuk dipertukarkan secara terpisah dari topologi IPv4 normal router unicast. Dengan demikian, memungkinkan topologi routing yang multicast yang berbeda dari topologi routing yang unicast. Meskipun MBGP memungkinkan pertukaran antar-domain informasi routing multicast, protokol lain seperti keluarga Multicast Protocol Independen diperlukan untuk membangun pohon dan lalu lintas multicast ke depan.

·         Multicast Source Discovery Protocol (MSDP)
Protokol Independen Multicast (PIM) keluarga multicast routing protokol yang didefinisikan oleh RFC 3618 Eksperimental. MSDP interkoneksi beberapa IPv4 PIM Sparse-Mode (PIM-SM) domain yang memungkinkan PIM-SM untuk memiliki Point Rendezvous (RP) redundansi dan antar-domain multicasting.

·         Multicast Listener Discovery (MLD)
Komponen dari Internet Protocol Version 6 (IPv6) suite. MLD digunakan oleh router IPv6 untuk menemukan pendengar multicast pada link langsung terpasang, seperti IGMP digunakan dalam IPv4. Protokol tertanam di ICMPv6 daripada menggunakan protokol terpisah. MLDv1 mirip dengan IGMPv2 dan MLDv2 mirip dengan IGMPv3. Protokol ini dijelaskan dalam RFC 3810 yang telah diperbaharui oleh RFC 4604.
·         Multiple Registration Protocol (MRP)
Menggantikan Generic Attribute Registration Protocol (GARP) , merupakan framework pendaftaran generik didefinisikan oleh perubahan 802.1ak IEEE untuk standar IEEE 802.1Q. MRP memungkinkan bridge, switch atau perangkat sejenis lainnya untuk dapat mendaftar dan de-register nilai atribut, seperti VLAN pengidentifikasi dan keanggotaan grup multicast melalui LAN besar. MRP beroperasi pada Data Link Layer.

·         Multicast DNS (mDNS)
Cara menggunakan antarmuka pemrograman akrab DNS, format paket dan operasi, dalam jaringan kecil di mana tidak ada server DNS konvensional telah diinstal. Protokol mDNS digunakan oleh Apple's Bonjour and Linux Avahi service discovery systems.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar