Senin, 07 Mei 2012

Codec


Nama Anggota Kelompok :
Giyanti Eka Pratiwi
Pangestu Kurniawan
Selly Anggraini
Tio Adistyawan
Codec
Nama Pembimbing : Pak Dodi Permana
                                  Bu Candra

No exp                    :

Mata Pelajaran        : Instalasi LAN

Hari/Tanggal           :
Senin/7 Mei 2012

Kelas    : XI TKJ A


Codec merupakan kependekan dari compression/decompression. Dalam konteks  streamingcodec adalah suatu metode atau algoritma yang ada pada sebuah streaming player. Fungsinya adalah untuk melakukan proses pengompresan dan pengdekompresan file media streaming.
Jika dianalogikan, file media(audio atau video) bagaikan sepotong roti. Volume sepotong roti tersebut tentunya banyak memakan tempat karena sifat dari roti tidaklah padat. Codec berfungsi mengompres atau meremas file media agar ukurannya dapat diperkecil. Kemudian, file tersebut distreaming dan dibroadcast melalui internet.
Setelah sampai ke komputer client, file selanjutnya didekompres menjadi ukuran asal agar dapat didengarkan atau ditonton. Proses ini membuat kita dapat menikmati media streaming lebih cepat.
Codec mampu mengubah sinyal atau stream ke dalam bentuk yang ter-encode (sering digunakan pada transmisi, storage, enkripsi), lalu diterima atau bisa pula men-decode bentuk tadi supaya dapat dilihat atau dimanipulasi ke bentukainnya. Codec sering dipakai dalam video conference dan teknologi streaming.
Essence adalah bentuk asli data dalam bentuk audio dan video. Selanjutnya, essence bisa ditambahkan dengan metadata, misalnya tag informasi seperti foto dari kamera digital dan wrapper (pembungkus) untuk meningkatkan kemampuan saat proses stream.
Pada umumnya, codec adalah lossy (merusak) sehingga hasilnya berupa file yang lebih kecil dari hasilnya. Misalnya, file bmp diubah ke jpg. Namun, ada juga lossless codecs, tetapi peningkatan kualitas tentunya lebih dapat dikesampingkan jika dibanding dengan peningkatan ukuran data.
Sebagian besar masyarakat lebih suka menyimpan VCD dua keping dalam bentuk avi terkompresi (totalnya adalah 550 MB) daripada meng-copy langsung (totalnya adalah 1200 MB). Hasil gambarnya pun jadi sedikit burem atau tidak jelas. Hal yang penting diingat adalah kulaitas akan semakin menurun jika sebuah file yang sudah di-encode akan di-encode lagi.
Sebagian besar aliran (stream) data multimedia terdiri atas data video dan audio atau sering juga dilengkapi stream untuk synchronization (untuki data audio dan video). Semua stream tersebut dapat dihandle oleh program, dan hardware yang berbeda.
Ada 3 jenis utama codec dengan fungsi masing-masing. Ketiga codec tersebut adalah Audio codec, Video codec dan Data Codec. 

1. Audio codec
Sebuah Audio codec digunakan untuk compress atau decompress file audio digital yang berfungsi sebagai media untuk dimainkan pada pemutar musik seperti windows media player, real player, dsb. Kebutuhan codec ini akan timbul saat player kita tidak dapat memainkan sebuah file audio yang memerlukan codec tertentu untuk memainkannya. Windows Media Player 11 mampu memainkan hampir seluruh type file audio dan juga telah mendukung jenis audio codec yang lain. Beberapa jenis audio codec antara lain adalah Apple Lossless, MPEG-4 ALS, Direct Stream Transfer DST, FLAC, LA Lossless Audio, Monkey’s Audio APE, RealAudio Lossless, Windows Media Audio 9 Lossless, dsb.

2. Video Codec
Video codecs memiliki fungsi yang sama dengan audio codec, perbedaannya hanya codec ini berfungsi untuk file video. Karena perkembangan teknologi, kini data dapat disimpan dalam format digital, dibandingkan dengan teknologi terdahulu saat data hanya dapat disimpan pada pita, sebagai signal analog. Dengan adanya video codec sekarang kita dapat menonton file video dalam berbagai format berbeda. 

3. Data Codec
Data codec digunakan untuk meng-compression/decompression data. Quick time player secara otomatis akan melakukan compresses/decompresses terhadap track audio dan video dengan bantuan video dan audio codec namun tidak mampu untuk compress decompress data. Oleh karena itu, fungsi utama dari data code adalah untuk compress / decompress data, berbagai bentuk blok dan model 3D.
Jadi dalam pengertian sederhana codec adalah sesuatu yang membantu media player untuk melakukan encode dan decode signal digital atau data stream.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar